Seksi Peningkatan Mutu dan Kurikulum Sekolah Dasar

Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Peningkatan Mutu dan Kurikulum Sekolah Dasar:

1. Menyusun dan menetapkan petunjuk penerimaan peserta didik baru, mutasi peserta didik, evaluasi berdasarkan hasil belajar dan standar kompetensi SD/ SDLB.
2. Melaksanakan pembinaan dan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/SDLB.
3. Menyiapkan bahan-bahan penyusunan kurikulum muatan lokal untuk SD/SDLB.
4. Memantau, mengendalikan dan menilai pelaksanaan proses belajar mengajar SD/SDLB.
5. Mensosialisasikan sistem penilaian/ sistem administrasi penilaian hasil belajar peserta didik SD/SDLB.
6. Menyusun bahan penyelenggaraan ujian ditingkat SD/SDLB.
7. Menghimpun dan menganalisis hasil monitoring, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan kurikulum tingkat SD/SDLB.
8. Mengolah dan mengembangkan teknik evaluasi belajar di SD/SDLB.
9. Memproses permohonan izin pendirian dan operasional SD/SDLB.
10. Menyiapkan bahan koordinasi dan supervisi pengembangan kurikulum SD/SDLB.
11. Mengusulkan dan menyiapkan akreditasi SD/SDLB.
12. Memproses pengajuan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (SKHUS) jenjang SD/SDLB.
13. Melaksanakan pembinaan kesiswaan tingkat SD/SDLB.
14. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan. dan
15. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar.