PENGADAAN SARANA UJIAN SEKOLAH BERBASIS CBT TINGKAT SMP

PENGADAAN SARANA UJIAN SEKOLAH BERBASIS CBT TINGKAT SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto merencanakan pemberlakuan sistem computer based test (CBT) untuk pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun akademik 2017/2018 mendatang.

Langkah itu diambil karena sistem CBT dinilai lebih efektif dan praktis ketimbang ujian dengan soal naskah atau paper based test (PBT). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ir. ZAENAL ABIDIN,M.M,M.T. memandang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di semua SMP hingga SMA/SMK sukses dilakukan. Dengan pertimbangan itulah opsi USBN sekaligus dengan model CBT berani dilakukan.

Adapun perkara yang masih menjadi soal adalah pengadaan komputer sebagai sarana penunjang utama. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto akan semaksimal mungkin membantu penyediaan komputer di sekolah sehingga diharapkan masing-masing sekolah bisa melaksanakan secara mandiri. Namun apabila belum bisa terealisasi secara penuh opsi menggabung tetap kembali dilakukan dengan persiapan dan koordinasi yang lebih tertata. Apalagi berkaca dari pengalaman tahun ini koordinasi bisa berjalan baik meski masih banyak sekolah yang harus ujian menggabung dengan sekolah lain.

Ir. ZAENAL ABIDIN,M.M,M.T. menilai opsi ujian dengan komputer jauh lebih efisien dibandingkan memakai naskah kertas.

“Evaluasi pelaksanaan UNBK itu lebih efisien, dari tenaga lebih efisien, kita enggak harus ngawal soal di percetakan, engggak perlu gudang soal. Juga semakin meringankan beban guru dan pengawas,” jelas Ir. ZAENAL ABIDIN,M.M,M.T.

Sementara sejumlah sekolah juga sudah memiliki tekad kuat untuk melakukan pengadaan komputer. Harapannya tahun depan mereka tidak lagi ndompleng ujian di sekolah lain.

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Komentar